Ya Allah,
jadikanlah aku orang yang
kaya hatinya akan akhlakul kharimah,
kaya pikirannya oleh pengetahuan yang bermanfaat
kaya hartanya untuk beramal

PELARUTAN SAMPEL

Minggu, 02 Januari 2011


Setelah sampel dipersiapkan maka tahap selanjutnya adalah pelarutan sampel. Pelarutan sampel dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu pelarutan dengan asam dan pelarutan dengan jalan peleburan.
1. Pelarutan dengan asam
Asam-asam yang biasa digunakan untuk melarutkan diantaranya asam sulfat, asam nitrat, asam klorida, asam fluorida, asam perklorat. Beberapa cara melarutkan sampel dengan asam, yaitu:
a.     Pelarutan dengan HCl
HCl baik digunakan untuk melarutkan mineral-mineral karbonat, fosfat, gips dan mineral-mineral oksida. Pelarutan dapat dilakukan pada suhu kamar atau pada suhu tinggi (dengan pemanasan).
b.    Pelarutan dengan HNO3
Asam nitrat bukan hanya dapat melarutkan mineral-mineral karbonat, tetapi juga  digunakan untuk melarutkan mineral-mineral sulfida. Kegunaan lain dari asam nitrat untuk pelarutan logam-logam seperti tembaga, kobalt, seng dan timbal. Asam ini sering ditambahkan untuk melarutkan unsur besi dan unsur lainnya menjadi unsur yang bervalensi tinggi.

c.     Pelarutan dengan HCl-HNO3
Pelarutan ini digunakan untuk melarutkan mineral-mineral yang sukar  larut dan memerlukan oksidasi, misalnya untuk melarutkan logam-logam yang kurang aktif, seperti emas, platina, tembaga, timbal, dan  raksa.
d.    Pelarutan dengan asam campur (HF-HClO4-HNO3)
Digunakan untuk mineral-mineral yang sukar larut dalam asam biasa, memerlukan oksidasi dan banyak mengandung silikat yang mengganggu analisis selanjutnya.
  1. Pelarutan dengan asam campur (H2SO4-HCl-HNO3)
Untuk melarutkan mineral lempung yang sukar larut, misalnya zeolit, kaolin, bentonit, dan  pasir besi.
f.     Pelarutan dengan KBr-Br2-HNO3
Pelarutan ini dipakai untuk melarutkan mineral-mineral belerang dan senyawaannya, juga untuk mengoksidasikan semua belerang dalam bentuk apapun menjadi bentuk sulfat. Larutan KBr-Br2, yaitu 160 gram KBr + 400 ml air, setelah larut ditambahkan 100 ml Br2 dan diencerkan sampai 1 liter, aduk dan biarkan sampai 1 minggu.



2. Peleburan
Peleburan berdasarkan jenis senyawa yang dipergunakan dapat digolongkan sebagai berikut:
a.  Peleburan dengan kalium pirosulfat (K2S2O7)
Kalium pirosulfat dapat digunakan untuk melebur mineral-mineral titan, hasil peleburan dapat dilarutkan dengan asam klorida encer. Mineral-mineral silikat tidak dapat dilebur langsung dengan kalium pirosulfat, karenanya hanya dapat digunakan untuk melebur residu setelah dilarutkan dengan HF.
b. Peleburan dengan lithium metaborat kering (LiBO2)/ lithium tetraborat (Li2B4O7)
Litium metaborat/ litium tetraborat baik digunakan pada clay mineral atau batuan silikat yang dapat meleburkan semua unsur menjadi garam rangkap diantaranya silikon, aluminium, besi, titan, kalsium, magnesium, kalium, natrium dan mangan. Peleburan dilakukan pada cawan platina dalam tanur pada suhu ± 900 oC selama 15 menit. Penambahan litium metaborat/ litium tetraborat sebanyak 5 kali bobot sampel. Hasil peleburan dilarutkan kembali dengan asam nitrat 1 : 24.
c.     Peleburan degan NaKCO3
Peleburan ini dapat  digunakan untuk melebur hampir semua unsur batuan. Peleburan di dalam tanur pada suhu 900 - 950 °C selama 1 - 2 jam dengan penambahan NaKCO3 sebanyak 1:5. Hasil peleburan dilarutkan kembali dengan HCl encer. Peleburan tidak dapat dilakukan untuk mineral-mineral seperti kyianite, silimanite, andalusite, atau mineral-mineral yang banyak mengandung alumunium karena mineral-mineral tersebut cenderung melebur dan membentuk lelehan yang sukar larut dengan asam klorida.
d.    Peleburan dengan Natrium Peroksida (Na2O2)
Peleburan dengan natrium peroksida dapat melarutkan hampir semua jenis mineral. Peleburan dilakukan dalam cawan zirkon/ cawan nikel di atas pembakar meker pada suhu 450 - 500 °C sampai benar-benar melebur sempurna. Na2O2 yang digunakan harus benar-benar kering dengan perbandingan antara sampel dengan Na2O2 adalah 1:5. Hasil peleburan dilarutkan kembali dengan HCl 1:1.

0 komentar:

Posting Komentar

 

telah dijuluki :
wanita perkasa
si beu bae
wanita cantik perkasa gagah jelita
wanita aneh dan unik
jiwa anak kecil yang terperangkap dalam tubuh yang besar
gadis gemet