Ya Allah,
jadikanlah aku orang yang
kaya hatinya akan akhlakul kharimah,
kaya pikirannya oleh pengetahuan yang bermanfaat
kaya hartanya untuk beramal

Ideologi Pancasila

Kamis, 27 Januari 2011


  1. Pengertian Asal Mula Pancasila (tinjauan kasualitas)
    1. Asal mula yang langsung
      1. Kausa Materialis (Asal mula bahan)
      2. Kausa Formalis (Asal mula bentuk)
      3. Kausa Effisien (Asal mula karya)
      4. Kausa Finalis (Asal mula tujuan)
    2. Asal mula tidak langsung
      1. Telah tercermin dlm masyarakat sblm ada negara
      2. Dlm pandangan hidup masyarakat (budaya, adat, religi)
  1. Kedudukan dan Fungsi Pancasila (8)
    1. Sebagai Pandangan Hidup Bangsa
      1. Pandangan Hidup terdiri atas kesatuan nilai’s yg luhur mrpk wws yg menyeluruh thd kehidupan, berfungsi sbg kerangka acuan baik utk menata kehidupan pribadi maupun dlm interaksi antar manusia dan alam sekitar
      2. Pandangan Hidup mrpk kristalisasi nilai yg hidup dlm masyarakat
      3. Pandangan Hidup masyarakat à Pandangan Hidup bangsa (Ideologi Bangsa) à Pandangan Hidup negara (Ideologi Negara) à Dasar Negara.
    2. Pancasila sbg Dasar Negara
      1. Sumber dr segala sumber hukum à azas kerokhanian & tertib hukum.
      2. Suasana kebatinan
      3. Cita’s hukum & norma bg hkm dasar
      4. Sumber semangat bg para penyelenggara negara
    3. Pancasila sbg Ideologi Bangsa dan Negara

Pancaila sebagai sistem keyakinan yang memotivasi orang, kelompok masyarakat, atau seluruh WNI untuk bertindak atau berperilaku dengan cara terteny sebagaimana diajarkan oleh Pancasila
1.      Berfungsi sebagai ajaran tentang ide-ide  atau cita-cita yang diyakini kebenarannya, disusun secara sistematis, disertai petunjuk-petunjuk untuk mewujudkan cita-cita tersebut
    1. Makna Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia adalah bahwa nilai-nilai yang terkandung dalam ideologi Pancasila itu menjadi cita-cita normatif bagi penyelenggaraan bernegara. Dengan kata lain, visi atau arah dari penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan bernegara Indonesia adalah terwujudnya kehidupan yang ber-Ketuhanan, yang ber-Kemanusiaan, yang ber-Persatuan, yang ber-Kerakyatan, dan yang ber-Keadilan.

Makna Sila-Sila Pancasila
2.      1. Arti dan Makna Sila Ketuhanan Yang Maha Esa Manusia sebagai makhluk yang ada di dunia ini seperti halnya makhluk lain diciptakan oleh penciptanya. Pencipta itu adalah kausa prima yang mempunyai hubungan dengan yang diciptakannya. Manusia sebagai makhluk yang dicipta wajib melaksanakan perintah Tuhan dan menjauhi larangan-Nya.
3.      2. Arti dan Makna Sila Kemanusiaan yang Adil dan Beradab Manusia ditempatkan sesuai dengan harkatnya. Hal ini berarti bahwa manusia mempunyai derajat yang sama di hadapan hukum. Sejalan dengan sifat universal bahwa kemanusiaan itu dimiliki oleh semua bangsa, maka hal itupun juga kita terapkan dalam kehidupan bangsa Indonesia. Sesuai dengan hal itu, hak kebebasan dan kemerdekaan dijunjung tinggi.
4.      3. Arti dan Makna Sila Persatuan Indonesia Makna persatuan hakekatnya adalah satu, yang artinya bulat, tidak terpecah. Jika persatuan Indonesia dikaitkan dengan pengertian modern sekarang ini, maka disebut nasionalisme. Oleh karena rasa satu yang sedemikian kuatnya, maka timbulah rasa cinta bangsa dan tanah air.
5.      4. Arti dan Makna Sila Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan Perbedaan secara umum demokrasi di barat dan di Indonesia yaitu terletak pada permusyawarata. Permusyawaratan diusahakan agar dapat menghasilkan keputusan-keputusan yang diambil secara bulat. Kebijaksaan ini merupakan suatu prinsip bahwa yang diputuskan itu memang bermanfaat bagi kepentingan rakyat banyak.
6.      5. Arti dan Makna Sila Keadila Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia Keadilan berarti adanya persamaan dan saling menghargai karya orang lain. Jadi seseorang bertindak adil apabila dia memberikan sesuatu kepada orang lain sesuai dengan haknya. Kemakmuran yang merata bagi seluruh rakyat dalam arti dinamis dan meningkat.

Makna Ideologi bagi Bangsa & Negara
1.      Ideologi sbg hasil refleksi manusia berkat kemampuannya memberikan hasil pemikiran thd dunia kehidupan
2.      Hubungan dialektis antara ideologi dan Negara. Ideologi à semakin realistis, masyarakat à semakin ideal
3.      Ideologi menjadi orientasi praktis dlm mencapai tujuan nasional
4.      Ideologi bersifat dinamis, terbuka, antisipatif à mampu menampung aspirasi masyarakat

0 komentar:

Posting Komentar

 

telah dijuluki :
wanita perkasa
si beu bae
wanita cantik perkasa gagah jelita
wanita aneh dan unik
jiwa anak kecil yang terperangkap dalam tubuh yang besar
gadis gemet